Selasa, 22 Februari 2011

Curhatan

untuk pertama kalinya saya mau jujur di sini. jujur soal perasaan saya tentang kuliah saya yang sudah berlangsung selama satu semester. sebelumnya belum ada seorangpun yang bertanya tentang bagaimana perasaan saya kuliah di jurusan bahasa inggris ini, dan dengan ini saya katakan tidak menyenangkan sama sekali.
ayolah, saya masuk jurusan ini karena orang tua saya setengah mendesak, setengah mengiba untuk saya menjadi seorang guru bahasa inggris, PNS, berseragam mungkin terlihat cukup mentereng bagi mereka. sedangkan opsi pertama saya dulu waktu memilih jurusan hanya dijawab dengan 'jadi arsitek? mau jualan batu po kamu?' dan saya menerjemahkan itu sebagai tidak ada pilihan lain selain menjadi guru bahasa inggris unuk mereka.

saya berusaha membangun tembok pikiran positif dengan 'hasil UN SMP saya bahasa inggris cuma salah satu kok,kali ini pasti bisa' dan pikiran itu termentahakan dengan sempurna kalo mengingat nilai dan otak saya yang ngga bisa mencerna dengan baik pelajaran bahasa inggris saat SMA. saya berfikir soal pindah jurusan, juga tentang ikut SNMPTN taun ini ambil fsrd ITB atau HI UI, tapi rasanya percuma SNMPTN perlu biaya, dari mana? apa diijinkan? sepertinya TIDAK. Pindah jurusan malah lebih susah dari itu semua, seperti lebih mudah untuk mendaftar dari awal,ikut tes seleksi masuk daripada mengurus kepindahan jurusan yang hasilnya seperti 1:1000.0000.

ya, saya ngga tahan kuliah di jurusan bahasa inggris, dan semua kata-kata saya kepada adik kelas tentang kuliah di jurusan tersebut akan mulai dari awal, diajari dari awal, akan lebih mengerti dari awal seperti bohong belaka. kami tidak diajari, hanya diberi buku panduan berisi materi (yang memang dasarnya bahasa inggris) yang harus dipelajari sendiri.

saya coba cerita pada Patronum saya soal ini, dan seperti yang sudah saya duga sebelumnya, dia mengerahkan semua semangat,yang jujur saja tidak mempengaruhi hati nurani saya. saya muak melihat pronunciatiton, grammar, interpersonal conversatiton dll terpampang rapi di daftar krs saya. dan ini baru awal bagi saya, untuk mempermalukan diri sebagai makhluk yang nyasar ke jurusan bahasa inggris.
Tuhaaan, saya masih ingat jadi bulan-bulanan dosen karena ngga bisa menghafal dengan tepat percakapan panjang-panjang dalam bahasa Inggris dulu, bagaimana saya ngga bisa dengan sempurna mengucapkan 'package' sehingga membuat saya berada dalam situasi 15 menit penuh tekanan, dan bahaimana saya ngga bisa menyusun pola-pola tenses yang seharusnya di luar kepala bagi mahasiswa bahasa inggris macam saya.
Cukup. Saya MUAK.

dan ini masih awal. saya ingin cepat lulus kuliah, tidak perlu dengan nilai sempurna, C pun tidak masalah. asalkan cepat lulus dan kelar urusan dengan semua hal menyebalkan di B3 (Gedun kuliah saya). masalahnya apa saya masih bisa hidup bahagia sampai emapat tahun yang akan datang?
semoga,tapi saya tida berharap banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yellow Crown