Selasa, 04 Oktober 2011


Di rumah, saya dan kakak perempuan saya punya kebiasaan khusus yang kami tanamkan pada ponakan-ponakan saya. Salah satunya adalah pelukan dan kata-kata yang jarang diucapkan di lingkungan sekitar kami. Misalnya kata-kata misalnya 'ummi sayaaang banget sama aca' atau 'tante sayaaaang banget sama nok' secara langsung dan spontan. Juga pelukan dan ciuman saya berikan sesering dan setulus mungkin pada mereka. Senakal apapun mereka, namanya juga anak-anak kan?!

Juga pujian yang kami berikan pada mereka. Misalnya nok cantik yang pakai baju baru atau Aca pinter mau membereskan mainannya sendiri. Hal-hal kecil itulah yang membuat kedekatan pada kami. Seperti nok yang hampir selalu bertanya 'uti mana?', 'tante mana?' atau 'tatung mana?' kalau ada anggota keluarga yang ngga keliatan pas dia datang.

Atau mungkin kata-kata sayang dan cinta itulah yang membentuk Aca hatinya selembut sekarang. Yang terisak kalau mendengar kendaraan tatungnya rusak di jalan, yang menangis saat mendengar umminya batuk-batuk atau yang lainnya.

Saya cuma berharap dari hal-hal kecil seperti ini kelak mereka akan mengerti tentang cinta dan menjadi pribadi yang memuliakan makhluk Tuhan yang lainnya. Mampu bersikap sesuai dengan hati nuraninya, jadi tidak seenak jidat main bantai orang utan untuk uang-uangan yang sebenarnya tidak seberapa. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yellow Crown