Selasa, 17 Januari 2012

Tentang Binatang dan Negara


“The greatness of a nation and its moral progress can be judged by the way in which its animals are treated.” -Mahatma Gandhi

Masih inget kan kejadian anjing yang mulutnya diikat dengan sebelumnya dimasukkan petasan di dalam mulutnya? Bikin ngelus dada berkalikali deh. Memang pada dasarnya agama saya mengharamkan air liur anjing,tapi bukan berarti agama saya membolehkan memperlakukan anjing dengan tidak baik. Ada cerita kok (lupa saya itu di dalam hadis atau Al Quran) seorang pelacur yang memberi minum anjing,malah masuk surga.

Kebesaran dan kemajuan moral suatu negara bisa dilihat dari cara negara tersebut memperlakukan binatangnya. Saya jadi inget kalau Jepang bahkan punya peraturan sendiri yang mengatur tentang perlindungan binatang-binatang. Bahkan bisa kena denda dan kurungan kalau terbukti menyiksa  atau melukai binatang.

Gimana dengan Indonesia?

Sebagai generasi muda (ceile) dan calon orang tua ngga ada salahnya kan kalau kita mulai belajar mencintai semua di sekitar kita, ngga cuma manusia. Binatang dan tumbuhan juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yellow Crown