Jumat, 17 Februari 2012

cewek-terserah-gapapa-kok

I got this from my friends tumblr. And felt, damn, anyone have to read it!

wohoo.. halo cewekcewek sedunia! postingan ini terinspirasi salah satu segmen 8-11 show tadi pagi tentang menebak karakter dari tulisan tangan. nah si ahlinya tuh nyeletuk namanya cewek kan ya, maunya di mengerti, tapi kadang tindakn cewek itu yang justru susah dimengerti. iya banget lah ya. ibarat pelajaran bindo, cewek itu kamus konotasi berjalan.haha

konotasi yang paling sering kami pake itu adalah terserah, dan gapapa

persis seperti kata mbak @farahfirda dalam salah satu postingannya yang menyatakan kalo ada harapan dalam terserah, dan ada apaapa dalam gapapa (eh iya kan gitu kalimatnya? cmiiw mbak =p).

sebenernya naluriah sih ya. kami sering bilang terserah, karena cowok biasanya nanya menurut kamu? maunya gimana? dan kami sering bilang gapapa, karena cowok biasanya nanya kamu gapapa? ya, semacam pertanyaan-jawaban yang udah jadi template. bedanya, kalo cewek meski udah tau ini template, tetep ngarep dimengerti. kalo cowok udah tau ini template, ga ngertingerti dan tetep menganggap katakata itu murni denotasi.

sebelum bahas lebih lanjut, tolong pake konteks friendship juga dalam topik ini. karna gue berbicara dalam kapasitas friendship. ga ngerti sih ya yang -ship lainnya. gapernah tau -.-

oke, lanjut.
sebenernya, makna konotasi terserah itu banyak. interpretasi bedabeda tergantung keadaan. tapi tujuan dasarnya satu; kami udah capek karna ga juga ditangkep maksudnya. kami berharap dipahami. tapi ga lantas dengan jawab terserah kami lantas puas dan benerbener menyerahkan keputusan ke kalian. sesungguhnya ketika kami bilang terserah, kami mau kalian berpikir dari sudut pandang kami, bukan dari sudut pandang kalian.

contoh 1, failed
oknum: laper nih. ke resto depan yuk. tapi…males ambil mobil di parkiran. mau jalan tapi panas. menurut lo?
cewek: *diem
oknum: maunya gimana?
cewek: terserah
oknum: yaudah yuk jalan aja. deket ini
cewek: DEKET APANYA? JAUH MEEN! PANAS! YAKALI JALAN PANASPANAS! MALES AMAT SIH AMBIL MOBIL DOANG! *dalem hati* *manyun seharian*

contoh 2, succeed
oknum: laper nih. ke resto depan yuk. tapi.. males ambil mobil di parkiran. mau jalan tapi panas. menurut lo?
cewek: *diem
oknum: maunya gimana?
cewek: terserah
oknum: hmm.. lo tunggu bentar deh. gue ambil mobil aja. lo pasti gamau panaspanasan jalan kesana
cewek: *seneng*

see?
terserah berarti mikir dari sudut pandang cewek. cewek yang males panaspanasan. ya tapi bergantung tipe ceweknya juga. gue sih bodo amat panaspanasan bentar.

eh tapi ga jarang kata terserah juga berarti si cewek lagi bete. atau bahasa babab; mutung. biasanya dia lagi gamau diganggu. atau lagi ngasih sinyal kalo lo abis bikin salah. tapi tetep, kalo dapet yang tipe ini, nanggepinnya jangan ikutan mutung. instropeksi diri aja dulu mendingan -.-

lalu, tentang kata gapapa.

pernah nonton film action? ceweknya udah babakbelur kena aniaya tokoh antagonis, cowok yang nemuin dengan gobloknya pake nanya; kamu gapapa? yaiyalah jelasjelas udah bonyok gitu apanya yang gapapa? basabasi banget ga sih. nah, ini juga yang melatarbelakangi cewek hobi jawab gapapa. tujuannya ga lain ga bukan, kesel karena jelasjelas lagi kenapakenapa malah ditanya kamu gapapa. atau kalo pertanyaannya kamu kenapa, padahal jelasjelas yang tampak tu lagi kenapakenapa.

dan lebih kesel lagi, kalo udah jelas ada apaapa dan lagi kenapakenapa, malah dengan acuh jawab oh yaudah trus kabur gapeduli hanya karna kami jawab gapapa. saat itulah kami pengen ngejerit murka; ga peka banget siih!!

kalo lo liat kami tampak kenapakenapa, sebenernya ga masalah lo mau nanya basabasi gitu ke kami. kalopun kami jawabnya gapapa, juga terusin aja. toh jawaban gapapa kami tuh juga sebenernya bagian dari basabasi. basabasi buat preambule melihat respon lo selanjutnya.

contoh 1; failedoknum: kok manyun suram? kamu kenapa?
cewek: ah gapapa
oknum: oh yaudah, gue ke warung dulu ya beli rinso..
cewek: BUTA BANGET LO! JELASJELAS GUE LAGI GALAU DAN LO LEBIH MENTINGIN RINSO DARIPADA GUE GRRRR! *dalem hati* *ngambek seminggu*

contoh 2; succeedoknum: kok manyun suram? kamu kenapa?
cewek: ah gapapa
oknum: beneran? boong deh. butek gitu mukanya. udaah cerita aja biar lega
cewek: hehe bener kok gapapa
oknum: eh kemaren tetangga gue galau ga ceritacerita sembelit seminggu loh!
cewek: hahaha serius?
oknum: iya! sampe di ugd! itu tuh garagara ditanyain kenapa jawabnya gapapa teruss
cewek: ahahaha lo ini. tapi gue emang lagi ga enak mood sih..
oknum: gue traktir eskrim deh yuk sekarang. tapi cerita yaa
cewek: *senyum merekah* *ngangguk*

ya, respon lo selanjutnya lah yang penting. kalo abis denger kami bilang gapapa, sementara lo yakin ada apaapa, lo pancingpancing aja dikit. yakinkan lo bisa dipercaya. caritau terus ada apa. kalo masih gapapa juga, alihin fokusnya. hibur tah, ajakin ngapain tah. atau instropeksi. minta maap kalo punya salah. yah, semacam itu.

bukan salah kami kalo kami terlalu ribet dan riweuh untuk dimengerti. ini naluri bawaan orok. udah tercetak di dna. mungkin terkesan kami berbelitbelit dan ga frontal. serba konotasi, mengira semua orang adalah edwar cullen. tapi bukankah itulah menantangnya kami? ahahaha

maaf kalo kami merepotkan. tapi sungguh, kami juga gatau kenapa kami begitu merepotkan =p yang kami tau, kami hanya merepotkan orangorang yang kami kenal, yang kami percaya, yang kami sayangi. beruntunglah jika kalian menjadi salah satunya.

kalo orang lain yang gapeduli makna terserah dan gapapa-nya kami, kami mana peduli. tapi kalo kalian? kami sangat peduli. jadi mengertilah..
terimakasih. salam sabun colek!

Originally from : http://crescenthemum.tumblr.com/post/17615626960/cewek-terserah-gapapa-kok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yellow Crown