Sabtu, 21 Juli 2012

menulis dan saya

menurut saya, menulis itu bukan hal yang mudah tapi juga bukan hal sulit. seperti sekarang, kelamaan tidak menulis membuat saya bingung mau menulis soal apa. mau buat cerpen susahnya ampun-ampunan. sebenarnya menulis itu seperti cinta, ada karena terbiasa. masalahnya sudah beberapa bulan ini saya mandek nulis cerpen atau apalah namanya itu sekarang jadi keterusan.

menulis yang baik itu menurut saya adalah yang hasil dari menulis itu bisa mempengaruhi pembaca, dari sudut pandang atau sekedar perasaan. penulis  yang baik itu tidak berarti penulis yang kesannya lebih tahu dari pembaca. misalnya hanya untuk menuliskan beberapa kata saja dia memakai bahasa-bahasa sansekerta atau bahasa jawa kuno untuk terlihat lebih 'waaah' iya kalau pembacanya ngerti, kalo ngga? masak harus surving di google dulu agar bisa ngerti? kecuali kalau memang cakupan pembacanya adalah orang-orang yang pinter di bidang perbahasa kuno-an seperti itu. saya malah yakin penulisnya sendiri tidak begitu paham kok, sebelum nulis pasti sibuk muter-muter cari kamus tebel cuma buat cari arti gunung, gajah atau apalah dalam bahasa yang orang awam ngga ngerti itu. cuma untuk satu hal. kelihatan keren. dan itu bagi saya ngga keren sama sekali karena ujung-ujungnya pembaca malah tanya ke si penulis, 'ini' artinya apa ya?

menulis yang baik itu yang kata-katanya sederhana, bahkan anak umur 8 tahun ngerti dan paham dan bisa sedikit menerima apa yang penulisnya ingin katakan. tidak perlu ada kata-kata berbunga-bunga kalau bisa dikatakan dengan sederhana tapi tetap indah dan mengena.

saya sering blogwalking ke blog-blog orang yang tidak saya kenal. dan saya sangat sangat sangat menghargai tulisan-tulisan yang dibuat secara personal tanpa khawatir apakah like yang didapat banyak atau tidak. menulis saja. dan kebanyakan yang melakukannya adalah anak-anak sekolah menengah lho. mereka menulis dengan sangat jujur.
proses menulis itulah yang paling menyenangkan. dan saya rindu saat-saat seperti itu. menulis hanya untuk saya sendiri. apa namanya? idealisme ya?

sekali lagi blog ini adalah rumah saya. semua tulisan-tulisan yang terdapat di sini adalah murni pendapat saya saja. mungkin teman-teman punya pendapat lain tentang menulis dan penulis yang baik itu seperti apa. kalau ada pendapat lain, bisa di share juga lho.

selamat habis tarawih. selamat puasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yellow Crown