Jumat, 31 Agustus 2012

Tutorial strawberry dari flanel


kali ini saya mau membagikan tutorial sederhana membuat strawberry dari kain flanel. strawberry ini biasanya dibuat topping di cake-cake atau sekedar dijadikan gantungan kunci atau gantungan handphone. semoga bermanfaat ya :)

alat dan bahan:
- kain flanel merah
- kain flanel hijau
- gunting
- benang sulam kuning untuk bintik strawberry (bisa juga memakai benang warna hitam)
- benang jahit merah
- jarum jahit dan jarum sulam
- dakron
- spidol atau pulpen
- lem

Step 1: buat lingkaran diameternya sesuai selera lalu dibagi dua sehingga membentuk setengah lingkaran. buat pola untuk 'bintik-bintik' pada strawberry menggunakan spidol atau pulpen (yang tipis-tipis aja ya). buat 'bintik-bintik' strawberry memakai benang sulam sesuai pola yang sudah dibuat sebelumnya. cukup pakai teknik masuk-keluarkan saja.


Step 2: balik pola setengah lingkaran tersebut lalu satukan dengan cara dijahit menggunakan benang jahit warna merah sehingga membentuk seperti corong, setelah itu dibalik lagi sehingga bintik-bintiknya ada di depan.


Step 3: isi 'corong' dengan dakron secukupnya lalu dijahit jelujur di tepi atas corong tersebut. tarik serut jahitan sehingga akan terlihat bentuk strawberrynya.


Step 4: buat pola seperti bintang dari kain flanel warna hijau lalu tempelkan dengan lem pada badan strawberry (untuk topping hiasan cake, biasanya tidak menggunakan daun, tinggal ditempel dengan posisi strawberry menghadap ke atas) kalau ingin dijadikan gantungan kunci atau handphone tinggal dipasang pengait di daunnya.

sekian tutorial dari saya, maaf kalau ada kata-kata yang membingungkan (ternyata membuat tutorial tidak semudah kelihatannya -,-) semoga bermanfaat :)

5 komentar:

  1. ternyata membuat tutorial tidak semudah kelihatannya -,-)

    tapi sudah sangat jelas kok

    sangat bermanfaat

    thank u ^^

    BalasHapus
  2. terima kasih, mampir lagi yaaaa :)

    BalasHapus
  3. Duuuh jd tau dech cara'y...mksih bnyk ya sdh berbagi ilmu'y... :)

    BalasHapus
  4. saya juga coba bikin tutorial ini, tapi jelek hehe mampir ke blog saya ya http://diarrahandmade,blogspot.com

    BalasHapus

Yellow Crown