Selasa, 30 Desember 2014

koin pintar

let me introduce the awesome one "KOIN PINTAR" to you..

pertama kali kenal koin pintar adalah waktu ikut #kudeta #yukketaman yang sudah pernah saya posting sebelumnya, silakan di scroll ke bawah saja ya. koin pintar adalah gerakan peduli pendidikan untuk anak-anak kurang mampu. donasi yang dikumpulkan berupa koin-koin recehan (tapi tidak menolak menerima bantuan berupa uang kertas, merah lagi). koin-koin kami kumpulkan dari relawan yang membantu, ada yang lewat live-funding atau transfer via bank.


founder dari gerakan ini adalah adalah mas dimas, dibantu beberapa orang laki-laki dan satu perempuan lain (oke,yang terakhir itu saya) menjalankan 'usaha' ini beberapa bulan terakhir, jadi masih terhitung baru. sasaran koin pintar ini sekali lagi adalah anak-anak kurang mampu, tapi donasi yang terkumpul tidak langsung kami serahkan ke anak tersebut, melainkan kami 'titipkan' ke guru wali kelas agar bisa dipakai dengan lebih bijaksana. agar lebih tepat sasaran lagi, kami terjun ke lapangan langsung untuk survey ke SD, melakukan wawancara singkat dengan murid,guru dan staff sekolah dll, setelah mendapatkan kandidat yang dirasa cocok dan memenuhi kriteria penerima beasiswa, kami juga mendatangi rumah calon penerima beasiswa untuk memastikan 'ketepat sasaran' dana.

saya cerita sedikit soal proses seleksinya ya, jadi waktu itu yang ikutan seleksi ada 4 orang yaitu saya, mas dimas, mas danang dan mas lukman. setelah ramah-tamah dengan pihak sekolah kami diminta masuk ke kelas yang disana sudah anak-anak calon penerima beasiswa. kalau tidak salah ada 6 anak. yang bertugas melakukan wawancara ada 3 orang termasuk saya dan yang satunya lagi wawancara dengan guru-guru. jadi tiap pewawancara dapat 2 anak. pertanyaan yang kami ajukan pertanyaan standart seputar keseharian mereka di rumah dan sekolah, mereka tinggal dengan siapa ke sekolah naik apa, cita-cita dll. satu yang kebagian wawancara dengan guru, mas lukman pinter sekali, jadi dia bersama guru-guru (entah dia yang mengajak atau yang diajak) pergi ke kantin untuk makan enak bersama  melakukan wawancara terselubung, katanya.

untuk adik koin pintar yang pertama, kami memutuskan yang berhak menerima beasiswa dari koin pintar adalah Dimas Aldo, dia saat ini duduk di kelas 6 SD 3 Prambatan Kidul. ayahnya seorang pengamen, sementara ibunya tinggal dirumah karena sakit (tidak memungkinkan melakukan pekerjaan seperti orang-orang kebanyakan), Aldo sendiri masih mempunyai adik yang masih kecil jadi sehari-hari sepulang sekolah kegiatan Aldo menjaga adiknya tersebut. ini saya kasih liat sedikit kondisi rumah Aldo ya..

bagian rumah tampak depan
kamar mandi yang cuma ditutup kain, airnya minta ke tetangga
bagian dalam rumah

dengan kondisi rumah tinggal seperti itu, prestasi Aldo bisa dibilang sangat membanggakan. nilainya selalu meningkat dari tahun ke tahun, bahkan tahun ini dia mendapat rangking 1. guru-guru pun banyak yang memuji Aldo karena sikapnya yang baik dan tekun, sering kali kalau ada materi pelajaran yang dia tidak mengerti, Aldo tanpa ragu langsung bertanya pada guru. sikap yang seperti itulah yang kata guru-gurunya jarang ditemui di diri anak-anak yang lain.

mungkin yang bisa kita beri tidaklah banyak, tapi semoga bisa bermanfaat. biar Aldo tetep bisa semangat sekolahnya.

Dimas Aldo, penerima beasiswa koin pintar bersama kakak relawan

bagi yang penasaran dan tertarik bergabung dengan gerakan ini, silakan sekali kami masih membutuhkan banyaaaak sekali kakak-kakak relawan dan koin-koin yang lain untuk membantu adik-adik kita yang membutuhkan. informasi lebih lanjut bisa di cek di twitter @koinpintar ya disana ada CP yang bisa dihubungi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yellow Crown